News Gadget – MacBook Air M2 Apple berada di urutan teratas daftar laptop terbaik kami dan untuk alasan yang bagus. Dibuat dengan sangat baik, memancarkan keanggunan yang hanya dapat ditandingi oleh beberapa laptop. Ini juga sangat cepat untuk pengguna produktivitas, dan GPU-nya dioptimalkan untuk pembuat konten. Keyboard, touchpad, dan layarnya semuanya terbaik.

Masuk ke MacBook Air M3. Chipset yang ditingkatkan menawarkan kinerja yang lebih cepat, terutama pada aplikasi yang menggunakan GPU intensif, dan model M3 mendukung layar eksternal tambahan. Harganya $100 lebih mahal, tapi apakah kenaikan harga itu bisa dibenarkan? Mari kita gali lebih dalam.

Apple MacBook Air M3 mempertahankan harga sebelumnya dari model M2 yang digantikannya. Artinya, harganya mulai dari $1.099 untuk chipset dasar M3, RAM 8GB, dan SSD 256GB. MacBook berkinerja lebih baik dengan RAM 16GB, yang merupakan peningkatan $200, dan SSD 256GB menggunakan memori lebih lambat dibandingkan SSD 512GB dan lebih besar, yang setidaknya berharga $200. Dikonfigurasi sepenuhnya, MacBook Air M3 berharga $2.299 untuk peningkatan M3, RAM 24GB, dan SSD 2TB.

MacBook Air M2 menggantikan model M1 sebagai MacBook entry-level, tetapi dengan penurunan harga. Sekarang dihargai $999 untuk basis M2, RAM 8GB, dan SSD 256GB. Peringatan yang sama berlaku terkait RAM dan penyimpanan. Dikonfigurasi sepenuhnya, MacBook Air M2 kelas atas berharga $2.199.

Anda dapat menghemat $100 dengan menggunakan MacBook Air M2, dan ini adalah pilihan tepat bagi pembeli yang memiliki anggaran terbatas. Namun, siapa pun yang menginginkan peningkatan kinerja CPU dan GPU dari M3 akan menghabiskan uang mereka dengan baik.

Display dan port

Kedua laptop menawarkan layar yang sama, layar IPS 13,6 inci yang berjalan pada 2560 x 1664 dan menghasilkan kecerahan hingga 500 nits. Dalam pengujian kami terhadap MacBook Air M2, layar memberikan lebar warna yang sangat baik pada 100% sRGB, 90% Adobe RGB, dan 100% DCI-P3, dengan akurasi yang sangat baik pada Delta-E 1,08 (1,0 atau kurang tidak dapat dibedakan dengan mata manusia). Layar MacBook Air M3 kemungkinan besar akan memberikan gambar berkualitas tinggi yang sama.

Salah satu perubahan yang sangat penting pada MacBook Air M3 adalah dukungannya terhadap dua layar eksternal saat penutupnya ditutup. Ini merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan MacBook Air M2, yang hanya mendukung satu layar eksternal dengan penutup terbuka atau tertutup. Meskipun MacBook Air M3 juga terbatas pada satu layar eksternal saat layar internal sedang digunakan, kemampuan untuk menggunakan dua layar beresolusi tinggi (hingga 5K pada 60Hz) saat penutupnya ditutup akan menyenangkan mereka yang menginginkan lebih. layar real estat. Bagi sebagian orang, hal itu saja menjadi alasan untuk mengeluarkan uang ekstra untuk model baru.

Perlu dicatat bahwa jika Anda membuka penutup M3 MacBook Air, salah satu monitor eksternal Anda akan mati secara otomatis. Seperti yang diperhatikan oleh Marques Brownlee, itu berarti Anda tidak akan dapat menggunakan keyboard dan touchpad MacBook Air dalam pengaturan ini Anda harus menggunakan periferal eksternal.

Saya juga akan menyebutkan konektivitas nirkabel di sini, karena ini adalah satu-satunya perubahan antara kedua laptop ini. M3 MacBook Air mendapatkan pemutakhiran ke Wi-Fi 6E, sedangkan M2 masih menggunakan Wi-Fi 6. Perbedaannya tidak terlalu besar, melainkan beberapa pembuktian di masa depan untuk memastikan Anda mendapatkan kecepatan internet tertinggi jika Anda berencana untuk memutakhirkan router Anda dalam waktu dekat.

Performance

Tentu saja, perubahan paling signifikan adalah peningkatan chipset Apple Silicon M3, yang memberikan peningkatan kinerja signifikan berkat peralihan ke proses 3nm. Kami harus menunggu untuk menguji MacBook Air terbaru untuk melihat seberapa signifikan peningkatannya, namun M3 telah menunjukkan peningkatan kecepatan di iMac M3 dibandingkan dengan iMac M1. Apple mengutip peningkatan 15% pada setiap inti kinerja M3 dibandingkan M2, yang seharusnya menghasilkan keuletan ekstra dalam tugas-tugas intensif CPU.

Namun, peningkatan yang lebih signifikan adalah pada GPU M3. Apple membangun dukungan hardware mesh shading dan ray tracing, yang bila dikombinasikan dengan sistem memori Dynamic Caching baru, akan memberikan kinerja lebih cepat dalam game dan aplikasi kreatif yang dapat menggunakan GPU. Perusahaan mengatakan grafis chipset baru memberikan frame rate hingga 60% lebih cepat di No Man’s Sky dibandingkan M1, dan peningkatan hingga 60% di Final Cut Pro.

Terakhir, M3 memiliki Neural Engine 16-core yang lebih cepat yang akan membantu mempercepat fungsionalitas AI. Itu adalah spesifikasi yang semakin penting, dan membuat MacBook Air M3 lebih kompetitif dengan laptop yang menggunakan Neural Processing Unit (NPU) Intel dan AMD.

Portabilitas

Kedua laptop ini adalah mesin yang sangat kecil dan relatif ringan yang dapat dimasukkan ke dalam ransel apa pun dan tidak akan membuat Anda lelah. Tidak ada perbedaan antara keduanya dalam hal portabilitasnya.

MacBook Air M2 memiliki efisiensi luar biasa, dengan daya tahan baterai terbaik di laptop 13 inci saat ini. Kami melihat 18 jam penelusuran web dan 21 jam perulangan video pengujian kami, dua kali lebih lama dari rata-rata laptop Windows. Anda tidak hanya akan mendapatkan umur panjang sepanjang hari, tetapi juga masa pakai baterai yang bertahan hingga hari kedua penggunaan biasa. Kami berharap MacBook Air M3 sama bagusnya atau lebih baik lagi.

Desain

MacBook Air M3 mempertahankan sasis aluminium mesin CNC yang sangat tipis dengan tebal hanya 0,44 inci dan berat 2,7 pon. Bezel layarnya kecil, berkat lekukan kontroversial pada layar untuk webcam, menjadikannya laptop yang sangat padat dan sangat kecil. Sasisnya kokoh dan memancarkan kualitas, sedangkan tutupnya hanya bisa ditekuk sedikit. Perhatikan bahwa MacBook Air M3 juga memiliki model 15 inci yang juga sangat tipis dengan ukuran 0,45 inci dan ringan dengan berat 3,3 pon.

Warna yang sama tersedia seperti sebelumnya, antara lain Silver, Starlight, Space Grey, namun kini ada opsi baru di Midnight. Warna yang lebih tahan sidik jari (hampir) hitam pertama kali diperkenalkan pada M3 MacBook Pro, dan kini juga tersedia di MacBook Air. Selain warnanya yang baru, MacBook Air M3 dan M2 memiliki tampilan yang identik dan menawan. Hanya sedikit laptop yang menawarkan keanggunan dan desain cermat yang sama.

Magic Keyboard tetap terpasang dengan keycapsnya yang besar, jarak tombol yang banyak, dan tombol-tombol yang tajam dan presisi yang tidak terlalu dalam, namun tetap paling nyaman. Touchpad haptic Apple Force Touch memiliki ukuran yang sama dan memberikan haptics terbaik di laptop berkat fungsionalitas tambahan yang disediakan oleh fitur Force Click.

Konektivitas kabel juga sama, dengan port USB-C ganda yang sama dengan dukungan Thunderbolt 4 dan jack audio 3,5 mm. Daya disediakan oleh koneksi MagSafe 3 yang tidak hanya melindungi dari tumpahan yang tidak disengaja, tetapi juga menjaga port USB-C tetap tersedia saat mengisi daya. Webcamnya juga tidak berubah, memberikan resolusi 1080p dan perangkat lunak yang sama.

MacBook Air M3 bernilai selisih $100

MacBook Air M2 adalah laptop bagus seharga $999 jika anggaran Anda sangat terbatas. Namun sejujurnya, MacBook Air M3 menawarkan peningkatan kinerja yang cukup untuk membenarkan pengeluaran $100 lebih banyak, dan kemampuan untuk terhubung ke layar eksternal tambahan merupakan keuntungan besar.

Kami tidak akan memberi tahu Anda cara membelanjakan uang Anda, tetapi kami yakin MacBook Air M3 bernilai tambahan C-note. Kemungkinan besar model ini akan menggantikan model lama dalam daftar laptop terbaik kami.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini