Samsung meluncurkan lini smartphone andalan berikutnya, Galaxy S24 pada acara Galaxy Unpacked bulan Januari. Jajaran baru ini mencakup model dasar S24, S24 Plus yang lebih besar, dan S24 Ultra tingkat atas. Ini adalah salah satu rilis ponsel pintar besar pertama yang mengawali tahun baru.

Saya mendapatkan Galaxy S24 dasar dan telah menghabiskan beberapa waktu dengannya. Inilah kesan pertama saya (yang sangat positif) terhadap perangkat ini sejauh ini.

Ukurannya mirip sekali dengan S23

Salah satu hal yang saya sukai dari Galaxy S23 tahun lalu adalah ukurannya. Saya adalah orang yang lebih menyukai ponsel yang lebih kecil, dan S23 sangat bagus karena ukurannya yang relatif ringkas dibandingkan sebagian besar ponsel pesaing, dan cukup nyaman untuk dipegang dan digunakan dalam waktu lama.

Ketika Galaxy S24 diumumkan, saya sedikit kesal karena Samsung sedikit meningkatkan ukuran layar dari 6,1 inci menjadi 6,2 inci (dan S24 Plus mendapat peningkatan yang sama 0,1 inci menjadi 6,7 inci dari 6,6 inci). Saya lebih menyukai perangkat yang lebih ringkas karena tangan saya mungil, dan ponsel berukuran besar sulit saya gunakan sendirian. Jadi, ketika saya melihat S24 semakin besar ukurannya, hati saya tenggelam. Bagaimanapun, ini adalah sebuah lereng yang licin apa yang menghentikan Samsung untuk sedikit meningkatkannya setiap tahun? Pada akhirnya, mungkin tidak ada lagi ponsel kompak.

Untungnya, tonjolan ke 6,2 inci tidak seburuk yang saya kira. Ini sebenarnya cukup dapat diabaikan, dan kecuali Anda memiliki kedua perangkat secara berdampingan, saya ragu Anda dapat membedakannya. Galaxy S24 tampak sedikit lebih tinggi dan sedikit lebih tipis dari pendahulunya, tetapi tidak terlihat kecuali Anda melihatnya lebih dekat. Ada juga sedikit pengurangan bezel, tapi tidak terlalu banyak.

Galaxy S24 masih cukup kecil dan kompak, menjadikannya ukuran yang bagus untuk saya. Ini hampir sama dengan iPhone 15 Pro saya tetapi lebih ringan karena bingkai aluminium. Nyaman digunakan, dan saya bersyukur.

Desain barunya bagus & sangat familiar

Samsung memutuskan untuk menyegarkan tampilan S24 dan S24 Plus tahun ini dengan beralih ke bingkai bermata datar, bukan bingkai melengkung seperti S23. Tepi datarnya mengingatkan pada apa yang telah dilakukan Apple sejak iPhone 12 hingga jajaran iPhone 15 saat ini.

Saya suka pinggirannya yang rata. Menurut saya, ini membuat S24 sedikit lebih mudah digenggam dan terlihat jauh lebih elegan dan bersih. Namun hal ini juga terasa seperti pedang bermata dua karena sebenarnya hal ini bukanlah sesuatu yang baru hal ini sudah pernah dilakukan sebelumnya. Samsung hanya menjadi peniru. Galaxy S24 pada dasarnya terasa sepertiiPhone 15, dan tidak ada jalan keluarnya.

Dan sepertinya Samsung bukan satu-satunya. Dari bocoran Google Pixel 9 dan Pixel 9 Pro pekan lalu, sepertinya Google juga melakukan hal serupa. Tepi datar akan hadir di jajaran Pixel, dengan asumsi render tersebut benar.

Meskipun saya menyukai tepiannya yang datar, rasanya desain ponsel cerdas sudah tidak berubah, setidaknya dengan merek-merek besar. Ini berfungsi dengan baik di S24, tetapi ini juga merupakan tanda yang berpotensi meresahkan tentang tampilan semua ponsel cerdas di tahun mendatang.

Circle to Search yang luar biasa

Saya bukan penggemar berat bagaimana AI tampaknya mengambil alih segalanya di mana pun, termasuk ponsel pintar. Namun harus saya akui bahwa Circle to Search adalah fitur yang membuat saya penasaran ketika mendengarnya, dan saya tidak sabar untuk memeriksanya sendiri.

Saya selalu menelusuri aplikasi media sosial saya, dan saya sering menemukan hal-hal yang menarik perhatian saya, tetapi saya tidak tahu apa namanya atau apa namanya. Saya mengetik sesuatu di pencarian Google tetapi kadang-kadang saya bahkan tidak mendapatkan hasil yang mendekati. Circle to Search adalah pengubah permainan.

Saya suka bahwa fitur ini berfungsi di mana saja di aplikasi apa pun, tidak hanya saat Anda menjelajahi web di Google Chrome. Temukan sesuatu yang menarik minat Anda, lalu ketuk dan tahan tombol navigasi tengah (atau bilah navigasi jika Anda memilih navigasi isyarat), lalu ketuk, lingkari, atau coret apa pun yang ingin Anda cari.

Hasil yang saya peroleh sejauh ini cukup bagus, karena saya akan menemukan link tempat saya dapat membeli item yang saya temukan secara acak, atau artikel produk lainnya. Ini adalah fitur AI mengesankan yang saya harap ada di semua ponsel saya yang lain. Untungnya, Circle to Search tersedia di semua jajaran S24 (khususnya S24 Ultra, sangat bagus karena S-Pen), dan juga menuju seri Google Pixel 8 pada akhir bulan.

Ini adalah fitur praktis yang harus dimiliki semua ponsel, bukan hanya Galaxy S24 dan Pixel 8. Mudah-mudahan ini bisa menjadi fitur standar dalam waktu dekat.

Masih banyak lagi yang disukai

Saya baru menggunakan Samsung Galaxy S24 selama beberapa hari, tapi saya menikmati waktu saya menggunakannya. Selain perubahan desain baru dan alat bertenaga AI seperti Circle to Search, sepertinya ini merupakan peningkatan yang layak dari tahun lalu.Galaksi S23.

Layar Galaxy S24 lebih cerah dari sebelumnya, yang berguna untuk hari-hari California Selatan yang cerah dan cerah. Chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 untuk Galaxy tajam dan cepat, meskipun S24 hanya memiliki 8GBRAMdibandingkan dengan S24 Plus dan S24 Ultra yang berkapasitas 12 GB, perangkat ini masih cukup kuat bagi rata-rata pengguna terutama mereka yang lebih menyukai ponsel berukuran kecil. Daya tahan baterainya juga mengesankan, meskipun saya berharap Samsung meningkatkan kecepatan pengisian daya untuk model dasar S24 seperti jajaran produk lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini