GTA777 Samsung Galaxy S23 FE memiliki banyak keunggulan termasuk layar AMOLED yang cerah, empat pembaruan Android yang dijanjikan, pengisian daya nirkabel yang cepat, dan harga yang kompetitif. Namun, lanskap Android dipenuhi dengan alternatif yang sangat bagus, banyak di antaranya yang bahkan lebih menarik untuk dibeli. Dengan mengingat hal itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli S23 FE, kami sarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu.

Alternatif berikut ini memiliki berbagai fitur yang menjadikannya pengganti yang cocok untuk Galaxy S23 FE. Beberapa lebih murah, yang lain menawarkan lebih banyak fitur, dan beberapa lebih baru. Dengan mempertimbangkan hal itu, berikut adalah beberapa ponsel yang menurut Anda harus dibeli sebagai pengganti Samsung Galaxy S23 FE.

Samsung Galaxy S24

Galaxy S24 (Online Exclusive) | Dukungan Samsung Indonesia

Galaxy S24 merupakan alternatif yang sangat baik untuk Galaxy S23 FE. Model dasar Galaxy S24 dilengkapi dengan chip terbaru Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 3, yang membuatnya lebih cepat dan lebih efisien daripada Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 di S23 FE.

Galaxy S24 memiliki desain premium yang dilengkapi Gorilla Glass Victus 2 dan aluminium berlapis baja. Selain itu, ponsel ini memiliki layar 6,2 inci yang memberikan pengalaman yang lebih cerah dan lebih dapat disesuaikan, dengan kecerahan maksimum 2.600 nits dan kecepatan refresh 120Hz. Perbedaan penting lainnya antara Galaxy S24 dan Galaxy S23 FE adalah bobotnya. Galaxy S24 jauh lebih ringan daripada S23 FE, faktor yang dapat menjadi pertimbangan penting bagi banyak pembeli.

Sementara itu, kedua ponsel ini memiliki kamera utama 50 megapiksel dan kamera telefoto 10 MP. Galaxy S24 juga memiliki kamera ultrawide 12 MP, sedangkan Galaxy S23 FE memiliki lensa 10 MP untuk kamera ultrawide-nya. Kedua model mendukung Galaxy AI . Meskipun kedua ponsel ini menawarkan pengisian daya nirkabel Qi dan cepat, hanya Galaxy S24 yang memiliki teknologi pengisian daya nirkabel terbalik.

Peningkatan penyimpanan adalah alasan lain untuk mempertimbangkan Galaxy S24 daripada Galaxy S23 FE. Samsung menjanjikan tujuh peningkatan Android untuk S24, tetapi hanya empat yang akan ditawarkan pada S23 FE. Ini terutama penting jika Anda berencana untuk menyimpan ponsel Anda untuk waktu yang lama. Namun, beberapa hal lebih baik pada ponsel lama. Misalnya, Galaxy S23 FE menawarkan layar 6,4 inci yang sedikit lebih besar dan baterai yang lebih besar.

Dari semua keunggulan Galaxy S24 vs Galaxy S23 FE, perbedaan chip dan desain yang lebih premium mungkin merupakan dua alasan terpenting untuk mempertimbangkannya dibanding yang lain.

OnePlus 12R

OnePlus 12R review: A real flagship killer for $500

Seperti Galaxy S24, OnePlus 12R adalah salah satu ponsel Android terbaik yang tersedia saat ini. Ponsel yang terakhir juga termasuk yang memiliki nilai terbaik, menjadikannya alternatif Galaxy S23 FE yang hebat.

Penting untuk dicatat bahwa OnePlus 12R dilengkapi prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dengan RAM 8GB atau 16GB, sedangkan Samsung Galaxy S23 FE dan prosesor Snapdragon 8 Gen 1-nya hanya memiliki RAM 8GB. OnePlus 12R memiliki layar OLED 6,78 inci yang memukau dengan kecepatan refresh 120Hz dan resolusi 2780 x 1264 yang mengesankan.

OnePlus 12R memiliki sistem kamera belakang tiga lensa dengan sensor primer 50MP, sensor ultrawide, dan sensor makro. Kamera depannya beresolusi 16MP. Memang bukan sistem kamera terbaik di dunia, tetapi untuk harga dan spesifikasi lain yang Anda dapatkan, ini adalah paket yang sangat bagus.

Selain itu, OnePlus 12R menawarkan masa pakai baterai yang lebih lama dan pengisian daya yang lebih cepat. Perangkat ini mendukung kecepatan pengisian daya kabel 80W dan dilengkapi pengisi daya 80W. Sebaliknya, Galaxy S23 FE memiliki kecepatan pengisian daya maksimum 25W tetapi juga dilengkapi pengisian daya nirkabel 15W, yang tidak dimiliki OnePlus 12R. Tidak adanya pengisian daya nirkabel memang menyebalkan, tetapi jika Anda dapat mengisi daya ponsel dari 0-100% dalam waktu sekitar 30 menit, itu adalah kompensasi yang cukup adil.

Terakhir, mari kita pertimbangkan harganya. OnePlus 12R mulai dari $500, sedangkan Galaxy S23 FE, tanpa diskon, mulai dari $630. Perbedaan harga yang signifikan ini tidak boleh diabaikan, terutama karena model OnePlus memiliki layar yang lebih besar, chip yang lebih baik, dan banyak lagi.

Google Pixel 8a

Pixel 8a: AI-Powered Amazing Camera

Google Pixel 8a merupakan pesaing kuat Galaxy S23 FE. Dirilis pada bulan Mei, ponsel ini merupakan penerus Pixel 7a dan memiliki banyak fitur utama yang sama dengan ponsel sejenisnya yang lebih mahal (Pixel 8 dan Pixel 8 Pro). Fitur-fitur ini meliputi chipset Tensor G3, berbagai kemampuan AI, dan layar 120Hz.

Pixel 8a memiliki beberapa keunggulan, termasuk desainnya yang ringkas dan ringan, kamera yang memukau, dan perangkat lunak Android yang mudah digunakan. Seperti model Pixel 8 lainnya, Google menawarkan pembaruan perangkat lunak selama tujuh tahun untuk Pixel 8a. Sebaliknya, Galaxy S23 FE hanya memiliki pembaruan selama empat tahun, dan OnePlus 12R mendapatkan tiga tahun.

Pixel 8a memiliki layar 6,1 inci yang menggunakan teknologi Actua OLED. Layarnya tajam dengan warna yang kaya dan warna hitam yang pekat. Meski layarnya sedikit lebih kecil dari Galaxy S23 FE, Pixel 8a unggul dalam hal kamera.

Google Pixel 8a menawarkan kualitas foto yang lebih baik meskipun tidak memiliki lensa telefoto seperti Galaxy S23 FE. Ponsel Google ini memiliki kamera utama 50MP, kamera ultrawide 12MP, dan kamera swafoto 10,5MP. Hasil fotonya sangat memuaskan, dan dengan alat penyunting foto AI yang canggih, ponsel ini merupakan perangkat yang mengesankan dengan harga ini.

Lebih jauh lagi, Google Pixel 8a memiliki beberapa kesamaan dengan Galaxy S23 FE — menawarkan RAM 8GB, opsi penyimpanan 128GB atau 256GB, dan dikirimkan dengan Android 14.

Pixel 8a memiliki opsi penyimpanan 128GB atau 256GB, mulai dari $499.

Samsung Galaxy A35

Galaxy A35 5G

Ada ponsel Samsung lain yang layak dipertimbangkan selain Galaxy S23 FE: Galaxy A35 . Harganya sedikit lebih murah tetapi tetap menawarkan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Galaxy A35 menawarkan layar FHD+ Super AMOLED 6,6 inci yang cemerlang yang menghadirkan visual yang tajam dan jernih dengan kecepatan refresh 120Hz yang tinggi untuk pengguliran dan transisi yang lancar. Chipset Samsung Exynos 1380, prosesor octa-core dengan GPU dan NPU yang ditingkatkan, memberi daya pada perangkat, meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Ponsel ini menyediakan fleksibilitas dengan pilihan RAM 6GB atau 8GB dan penyimpanan 128GB atau 256GB memungkinkan pengguna memilih konfigurasi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di bagian belakang, Galaxy A35 memiliki sistem kamera tiga lensa serbaguna yang menampilkan sensor primer 50MP untuk bidikan beresolusi tinggi, sensor ultrawide untuk menangkap pemandangan yang luas, dan sensor makro untuk fotografi jarak dekat yang mendetail. Perangkat ini juga memiliki kamera 13MP di bagian depan untuk swafoto yang jernih dan tajam. Kamera ultrawide dan makro masih kurang memuaskan, tetapi kamera utamanya sangat menyenangkan untuk digunakan memotret.

Dengan harga awal hanya $400, Galaxy A35 menghadirkan alternatif yang terjangkau untuk Galaxy S23 FE. Mirip dengan Galaxy S23 FE, Galaxy A35 juga diuntungkan dengan jaminan pembaruan Android selama empat tahun, yang memastikan pengalaman pengguna yang tahan lama dan terkini.

Nothing Phone 2

Nothing phone (2) hands-on: A welcome second coming

Nothing Phone 2 adalah alternatif yang solid untuk Galaxy S23 FE. Ponsel ini memiliki tampilan yang mencolok dengan layar PTPO AMOLED 6,7 inci yang lebih besar yang dilengkapi dengan kecepatan refresh 120Hz. Didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 yang ditingkatkan, ponsel ini menawarkan pilihan RAM 8GB atau 12GB, yang memenuhi kebutuhan kinerja pengguna yang berbeda.

Susunan kamera ponsel ini mencakup sensor primer 50MP, sensor ultrawide, dan kamera depan 32MP, yang memastikan pilihan fotografi yang serbaguna. Selain itu, perangkat ini memiliki baterai 4700mAh dengan kemampuan pengisian cepat 45W, yang menawarkan keseimbangan yang baik antara masa pakai baterai yang lama dan pengisian ulang yang cepat.

Baca: Android 15 Update Besar Tapi Sedikit yang Mengetahuinya

Dalam ulasan kami di tahun 2023, kami menyorot Nothing Phone 2 sebagai “ponsel yang tak tertandingi.” Ponsel ini menonjol karena desainnya yang modern, lampu Glyph yang praktis dan menarik secara visual, layar yang cerah, dan performa kamera siang hari yang mengesankan.

Dengan harga awal $600, Nothing Phone 2 menghadirkan pilihan yang menarik bagi pengguna yang mempertimbangkan Galaxy S23 FE. Dan meskipun sudah berusia lebih dari satu tahun, ponsel ini masih menjadi salah satu ponsel pintar paling unik di pasaran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini