News Gadget – Mode gelap atau dark mode pada perangkat dapat membantu mengurangi kelelahan mata, terutama saat menggunakan ponsel di lingkungan dengan pencahayaan rendah. Dengan latar belakang yang gelap dan teks yang lebih terang, mode ini dapat mengurangi kecerahan layar dan kontras, sehingga mengurangi ketegangan pada mata.

Tidak mengherankan jika banyak orang memilih untuk menggunakan mode gelap pada perangkat mereka, termasuk di iPhone. Bagi Kamu yang belum terbiasa menggunakan iPhone dan ingin beralih ke mode gelap, berikut adalah langkah-langkahnya yang dapat Kamu ikuti.

Buka aplikasi Settings atau Pengaturan

mode-gelap

Mulailah dengan membuka layar utama iPhone kamu. Akses layar berkamu dan cari serta ketuk ikon “Settings” atau “Pengaturan”. Pastikan kamu berada di layar utama untuk memulai proses ini. Temukan dan ketuk ikon “Settings” atau “Pengaturan” yang umumnya memiliki gambar gigi atau roda gigi sebagai simbol pengaturan. Pastikan untuk mengenali ikon aplikasi Pengaturan yang tepat. Ketuk ikon “Settings” atau “Pengaturan” untuk membuka aplikasi tersebut. Setelah masuk ke dalam aplikasi Pengaturan, kamu akan disuguhkan dengan berbagai opsi dan pengaturan.

Gulir ke bawah dan pilih Display & Brightness

Di layar utama aplikasi Pengaturan, gulir ke bawah pada menu hingga kamu menemukan opsi yang disebut “Display & Brightness” atau “Tampilan & Kecerahan”. Biasanya opsi ini terletak di bagian atas atau tengah menu Pengaturan.

Ketuk opsi “Display & Brightness” untuk membuka menu yang berisi pengaturan terkait tampilan dan kecerahan layar ponsel kamu. Di dalam menu ini, kamu akan menemukan berbagai opsi yang dapat disesuaikan.

Cari opsi Mode Gelap

Di dalam menu “Display & Brightness”, cari opsi yang terkait dengan tema tampilan, termasuk mode gelap. Pada beberapa model iPhone, pengaturan mode gelap mungkin terletak di bawah opsi “Theme” atau “Appearance”.

Ketuk opsi “Light” atau “Dark” sesuai dengan preferensimu untuk mengaktifkan mode terang atau gelap. Klik opsi yang sesuai untuk beralih antara mode.

Di dalam menu “Display and Brightness,” kamu akan menemukan dua pilihan utama, yaitu “Light” dan “Dark.” Opsi “Light” memberikan tampilan dengan latar belakang terang, sementara opsi “Dark” memberikan tampilan dengan latar belakang yang lebih gelap. Ketuk salah satu dari keduanya sesuai dengan preferensi visualmu.

Setelah memilih antara mode “Light” atau “Dark,” perangkat kamu akan segera menerapkan perubahan tersebut ke seluruh antarmuka pengguna. Opsi “Light” akan membuat latar belakang dan elemen antarmuka menjadi lebih terang, sementara opsi “Dark” akan memberikan tampilan dengan latar belakang gelap.

Pilihan mode tampilan ini memengaruhi elemen-elemen seperti warna latar belakang, ikon, teks, dan elemen UI lainnya di seluruh sistem operasi. Mode gelap seringkali dipilih oleh pengguna untuk pengalaman visual yang lebih nyaman, terutama pada malam hari atau dalam kondisi pencahayaan rendah, karena dapat mengurangi kelelahan mata.

Saat memilih mode “Dark,” perhatikan bagaimana kontras antara teks dan latar belakang dapat menciptakan tampilan yang lebih mudah dibaca. Pengalaman pengguna dengan mode gelap seringkali dianggap lebih ramah mata, terutama untuk penggunaan dalam waktu yang lama.

Mengaktifkan Fitur Otomatis Berdasarkan Waktu

Di bawah pilihan mode tampilan, kamu mungkin akan menemui opsi “Auto” atau “Automatic.” Pilih opsi ini untuk mengaktifkan fitur otomatis. Beberapa versi iOS iPhone terbaik 2024 juga mungkin memiliki opsi bernama “Auto-Brightness” yang dapat diaktifkan untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis berdasarkan kondisi pencahayaan sekitar.

Setelah mengaktifkan fitur otomatis, kamu dapat menyesuaikan pengaturan spesifik yang berkaitan dengan waktu siang dan malam hari. Biasanya, akan ada dua pilihan utama yaitu Light Until Sunset atau mode terang akan tetap aktif sampai matahari terbenam dan Dark Until Sunrise atau mode gelap akan aktif hingga matahari terbit.

Pilih opsi yang sesuai dengan preferensi kamu. Misalnya, jika kamu ingin mode gelap aktif pada malam hari untuk mengurangi kelelahan mata, pilih opsi “Dark Until Sunrise.” Beberapa versi iOS mungkin memerlukan kamu untuk menyimpan atau menerapkan pengaturan setelah memilih opsi otomatis. Pastikan untuk menyimpan perubahan atau mengikuti petunjuk yang mungkin muncul di layar.

Atur Waktu Aktif Mode Gelap

Setelah mengakses pengaturan otomatis berdasarkan waktu, kamu akan menemui dua opsi utama, yaitu “Light Until Sunset” dan “Dark Until Sunrise.” Pilih salah satu dari kedua opsi ini sesuai dengan preferensimu.

Jika kamu memilih opsi Light Until Sunset, mode terang akan tetap aktif hingga matahari terbenam. Ini berarti iPhone kamu akan mempertahankan tampilan terang selama periode siang hari dan secara otomatis beralih ke mode gelap ketika matahari mulai tenggelam.

Sebaliknya, jika kamu memilih opsi “Dark Until Sunrise,” mode gelap akan tetap aktif hingga matahari terbit. Dengan pilihan ini, iPhone kamu akan menyajikan tampilan gelap selama periode malam dan secara otomatis kembali ke mode terang saat matahari mulai terbit.

Setelah pengaturan waktu aktif mode gelap diatur, iPhone kamu akan beradaptasi secara otomatis dengan perubahan waktu, menciptakan pengalaman tampilan yang lebih nyaman dan disesuaikan dengan kondisi pencahayaan sekitar.

Menyalakan Mode Gelap di Pusat Kontrol

Pastikan pengaturan mode gelap sudah masuk di pusat kontrol. Geser atau ketuk bagian bawah layar untuk membuka Pusat Kontrol. Pusat Kontrol dapat diakses dari layar kunci atau layar utama perangkat. Di Pusat Kontrol, cari ikon Mode Gelap. Ikon ini biasanya berbentuk bulan sabit atau sesuai dengan tema gelap yang digunakan di perangkat. Ketuk ikon Mode Gelap untuk menyalakan atau mematikan modenya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini