News Gadget – Dalam beberapa tahun terakhir, Samsung telah menjadi salah satu produsen perangkat lipat terkemuka, termasuk Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5. Meskipun bukan satu-satunya merek yang membuat perangkat yang dapat dilipat, perusahaan ini menawarkan opsi yang paling umum dan tersedia, terutama di AS. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah Apple akan mengikuti jejaknya dengan iPhone yang dapat dilipat atau bahkan iPad.

Ada rumor lama bahwa Apple mungkin sedang mengerjakan perangkat semacam itu, termasuk iPhone yang dapat dilipat, yang untuk saat ini kami sebut “iPhone Flip”. Apple adalah perusahaan yang tertutup, jadi mungkin setidaknya ada beberapa penelitian dan pengembangan yang dilakukan pada perangkat semacam itu. Namun, tentu saja, hal ini masih hanya spekulasi untuk saat ini. Dari berita, rumor, dan laporan terkini, inilah semua yang kami ketahui sejauh ini tentang iPhone lipat Apple.

iPhone Flip: desain dan tampilan

Sangat sedikit yang diketahui tentang desain yang pada akhirnya akan digunakan Apple untuk iPhone lipat pertamanya. Samsung telah mencakup dua gaya yang paling jelas dengan Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5 tetapi itu tidak berarti Apple harus mengikutinya. Apple telah mengajukan puluhan paten yang mengisyaratkan desain untuk iPhone yang dapat dilipat, namun hal ini mengandung begitu banyak kemungkinan sehingga saat ini tidak ada yang bisa menebak ke arah mana perusahaan akan melangkah. Tidak semuanya benar.

Menurut laporan Februari 2024 dari The Information, Apple telah meneliti dan membuat prototipe iPhone lipat setidaknya selama lima tahun atau lebih. Hal ini menguatkan laporan sebelumnya bahwa Apple telah mengembangkan dan menguji layar OLED dan engsel yang dapat dilipat setidaknya sejak tahun 2017.

Laporan terbaru ini mengutip beberapa individu yang memiliki “pengetahuan langsung” tentang proyek tersebut, dan tampaknya dua prototipe iPhone saat ini sedang dalam pengembangan dan diduga akan dilipat lebar dalam bentuk kulit kerang. Sekali lagi, ini masih dalam tahap pengembangan yang sangat awal, jadi jangan berharap untuk melihatnya di tahun 2024 atau bahkan 2025 kerangka waktu peluncuran paling awal yang mungkin adalah setidaknya pada tahun 2026.

Laporan terbaru juga menunjukkan bahwa Apple telah mendekati setidaknya satu pemasok di Asia untuk membeli komponen yang dibutuhkan untuk dua model iPhone lipat ini, yang akan hadir dalam ukuran berbeda. Namun jika komponennya tidak memenuhi standar tinggi Apple, pengembangan iPhone lipat juga bisa dibatalkan.

IPhone yang dapat dilipat selalu menjadi pilihan bagi Apple, karena minatnya terhadap produk semacam itu telah berfluktuasi beberapa kali selama bertahun-tahun. CEO Tim Cook diduga bertanya kepada para desainer dan insinyur tentang cara membuat iPhone yang dapat dilipat pada awal tahun 2018. Meskipun ia merespons secara positif demo iPhone yang dapat dilipat dengan layar 7 inci, masih ada kekhawatiran tentang kesulitan teknis dan masalah daya tahan.

Awalnya, visi Apple untuk iPhone yang dapat dilipat melibatkan layar yang berada di luar saat perangkat yang dapat dilipat ditutup, namun para insinyur Apple telah menyatakan kekhawatirannya akan daya tahan dengan desain khusus tersebut. Tim desain industri Apple juga ingin menjaga ketebalannya tetap sama dengan iPhone saat ini, bahkan ketika ditutup, yang tidak mungkin dilakukan mengingat apa yang saat ini ditawarkan untuk teknologi baterai dan layar.

Sekitar tahun 2020, Apple menghentikan sementara pengerjaan iPhone yang dapat dilipat dan beralih ke iPad yang dapat dilipat, yang ukurannya kira-kira sebesar iPad mini dengan layar 8 inci. Alasannya adalah karena iPhone ini bisa lebih tebal daripada iPhone yang dapat dilipat, dan pengguna tidak perlu membawanya di saku, sehingga tidak perlu tahan lama.

Insinyur Apple juga berusaha menghilangkan kemungkinan lipatan yang terbentuk di tengah layar, yang merupakan masalah besar bagi hampir semua perangkat lipat yang ada di pasaran saat ini. Apple juga ingin membuatnya agar engselnya memungkinkan tampilan terbuka sepenuhnya, sehingga tidak mengganggu kerja Apple Pencil.

Pada tahun 2016, LG mulai memproduksi layar lipat secara massal, menunjukkan bahwa pihaknya berencana untuk memasoknya ke beberapa perusahaan, termasuk Apple. Gagasan ini semakin menguat pada akhir tahun 2017 ketika sumber mengklaim Apple dan LG telah secara aktif bermitra untuk mengembangkan teknologi layar lipat khusus untuk iPhone masa depan sebuah kemitraan yang masih berlangsung.

Pada tahun 2020, Apple dan Samsung Display dilaporkan telah menandatangani kesepakatan di mana pembuat layar akan memasok “sejumlah besar” sampel layar yang dapat dilipat selama setahun untuk digunakan dalam pengujian prototipe iPhone yang dapat dilipat. Pada saat yang sama, Apple juga dilaporkan mulai menguji engsel, mencari tampilan dan engsel yang mampu bertahan hingga 100.000 kali lipat.

Sebagai gambaran, sebagian besar engsel laptop memiliki nilai antara 30.000 dan 50.000 kali lipat. Namun Galaxy Z Fold 4 mampu bertahan setidaknya 200.000 kali lipat. Kami belum mendengar apakah Apple telah meningkatkan standarnya agar sesuai dengan Samsung.

Apple juga tampaknya sedang menguji beberapa desain yang sangat berbeda. Awal tahun 2020, pembocor Jon Prosser mengaku telah melihat perangkat prototipe yang menggunakan desain dua layar mirip dengan Surface Neo dan Surface Duo milik Microsoft, bukan satu layar yang dapat dilipat.

Namun, pada tahun berikutnya, Prosser mengatakan sumbernya telah memberitahunya bahwa setelah menyelesaikan pengujian engsel putaran pertama, Apple akan mengerahkan seluruh upayanya untuk membuat iPhone lipat clamshell dengan desain yang mirip dengan Galaxy Z Flip. Prosser juga mengklaim iPhone ini akan hadir dalam warna yang lebih “menyenangkan” untuk menargetkan “pelanggan yang lebih umum”.

Sementara itu, analis industri Ming-Chi Kuo mengklaim bahwa perangkat lipat pertama Apple akan jauh lebih besar dan bahkan mungkin bukan iPhone. Sebaliknya, Kuo memperkirakan perangkat kelas baru dengan layar 7,5 hingga 8 inci yang akan mengaburkan batas antara iPhone dan iPad. Berbeda dengan Prosser, Kuo tidak mengaku pernah melihat contoh perangkat ini.

Perlu dicatat bahwa meskipun Prosser sering kali benar mengenai tanggal rilis produk Apple, ia memiliki rekam jejak yang kurang dapat diandalkan dalam hal produk Apple karena ia terutama mengandalkan sumber yang mengklaim memiliki informasi orang dalam tentang apa yang terjadi di dalam Apple. Prediksi Kuo biasanya datang dari arah lain, karena ia melihat tren dalam rantai pasokan Apple dan jenis komponen yang diminta.

Tentu saja, seperti Samsung, Apple mungkin memiliki dua perangkat yang sedang direncanakan: “iPhone Flip” yang dapat dilipat dan dirancang untuk bersenang-senang, serta “iPhone Fold” atau “iPad Fold” kelas bisnis yang lebih serius.

Paten baru telah diberikan kepada Apple, yang memungkinkan area kontrol sensitif sentuhan, termasuk tombol solid-state, pada permukaan desain iPhone saat ini, serta yang dapat dilipat di masa depan. Dengan paten ini, Apple bisa menambahkan sensitivitas sentuhan di setiap sisi dan tepi iPhone, bisa dilipat atau tidak. Nama paten baru ini adalah “Perangkat Elektronik Dengan Tampilan Dan Struktur Sensor Sentuh”, yang menunjukkan bahwa akan lebih mudah untuk mengetuk, menggesek, atau sekadar menyentuh iPhone untuk mengontrolnya.

“Mengumpulkan masukan sentuhan dari pengguna dan menampilkan gambar kepada pengguna secara efisien dapat menjadi tantangan,” kata Apple. “Misalnya, ketika pengguna memberikan input sentuhan ke tampilan layar sentuh, tangan pengguna mungkin memblokir gambar yang sedang ditampilkan di layar. Tombol dan perangkat masukan lainnya dapat digunakan untuk mengumpulkan masukan dari pengguna, namun jenis perangkat masukan ini mungkin tidak senyaman dan serbaguna seperti sensor sentuh. Tampilan terkadang tidak terlihat dari arah tertentu dan mungkin lebih kecil dari yang diinginkan.”

Paten tersebut juga membedakan antara tepi yang terdapat pada desain iPhone saat ini dan tepi melengkung pada perangkat lipat potensial, yang disebut sebagai “dinding samping”.

“Dinding depan dan bagian dinding samping dapat dibentuk dari lapisan kaca atau bahan transparan lainnya,” lanjut paten tersebut. “Lapisan sensor sentuh dan lapisan tampilan dapat meluas ke bawah bagian depan dan samping lapisan kaca… [a] lapisan sensor sentuh juga dapat meluas ke bawah dinding belakang yang berseberangan.”

Penting untuk dicatat bahwa meskipun Apple telah diberikan paten baru yang menunjukkan perangkat yang dapat dilipat, hal itu tidak menjamin bahwa apa pun akan terjadi. Namun, ini sepertinya merupakan perkembangan yang menjanjikan untuk iPhone yang dapat dilipat.

iPhone Flip: kamera dan spesifikasi lainnya

Laporan awal tahun 2021 dari Mark Gurman dari Bloomberg mungkin memberikan sedikit air dingin pada para pembocor yang mengklaim bahwa mereka telah melihat prototipe iPhone lipat. Menurut Gurman, pengembangan iPhone yang dapat dilipat oleh Apple belum melampaui layar, dan perusahaan tersebut “belum memiliki prototipe handset lengkap di laboratoriumnya.”

Dalam waktu sekitar dua tahun sejak laporan tersebut, kami hanya mendengar konfirmasi sesekali bahwa Apple masih dalam tahap awal bereksperimen dengan berbagai desain.

Belum ada informasi tersedia tentang apa yang akan kita lihat terkait kamera, prosesor, dan fitur lainnya. Hal ini tidak mengherankan pada saat ini, karena kemungkinan besar Apple belum mengambil keputusan tersebut. Tentu saja, ada banyak sekali spekulasi, tetapi semua itu harus ditanggapi dengan skeptis.

iPhone Flip: Software

Meskipun sebagian besar kebocoran dan laporan berfokus pada perangkat keras dan desain iPhone lipat, Apple kemungkinan juga bekerja keras pada sisi perangkat lunak. Baik iOS maupun iPadOS, seperti yang ada saat ini, tidak akan dengan mudah diterjemahkan ke dalam desain yang dapat dilipat.

Mengingat perhatian Apple yang sangat cermat terhadap pengalaman pengguna, perusahaan tersebut kemungkinan sudah memikirkan ide untuk versi sistem operasi selulernya yang dapat dilipat. Bergantung pada arah iPhone Flip, kita mungkin melihat turunan iOS yang benar-benar baru muncul di sana.

iPhone Flip: tanggal rilis

Meskipun Apple secara aktif menguji desain untuk satu atau lebih iPhone yang dapat dilipat, berbagai sumber mengindikasikan bahwa perusahaan tersebut belum sepenuhnya menyetujui ide tersebut. Paling-paling, iPhone yang dapat dilipat tinggal beberapa tahun lagi ; paling buruk, kita mungkin tidak akan pernah melihatnya sama sekali.

Dalam laporan awal tahun 2021, Gurman menjelaskan bahwa Apple belum “memperkuat rencana untuk benar-benar meluncurkan iPhone yang dapat dilipat”. Pada awal tahun 2022, MacRumors membagikan pesan dari leaker “Dylandkt” bahwa Apple masih memiliki kekhawatiran atas kelangsungan teknologi layar yang dapat dilipat dan apakah terdapat pasar yang cukup untuk ponsel pintar yang dapat dilipat.

Dalam rangkaian Tweet yang telah dihapus bersama dengan akun Twitter Dylandkt, pembocor mengatakan bahwa meskipun Apple masih mengerjakan ide-ide berbeda, beberapa orang di dalam perusahaan merasa bahwa teknologi tampilan belum mencapai kematangan.

Tidak mengherankan, sumber mengklaim bahwa Apple “memainkan permainan jangka panjang,” menunggu untuk melihat bagaimana kemajuan teknologinya. Mereka juga ingin memastikan adanya pasar jangka panjang untuk ponsel pintar yang dapat dilipat dan hal ini bukan sekadar tren sesaat yang akan hilang dalam beberapa tahun.

Namun, pada tahun 2022, Kuo memperkirakan bahwa Apple akan merilis iPhone lipat pertamanya pada tahun 2023, yang ditargetkan untuk konsumen umum dan memperkirakan bahwa pengiriman dapat mencapai hingga 20 juta unit pada tahun pertama. Kuo juga mengharapkan Apple untuk menggunakan teknologi layar tercanggih untuk memberikan “keunggulan kompetitif jangka panjang” dan menjadikannya “pemenang terbesar dalam tren perangkat lipat baru.”

Namun, pada tahun 2023, analis tampilan Ross Young, yang memiliki rekam jejak yang cukup solid dalam hal teknologi layar, menyampaikan bahwa ia telah diberitahu oleh sumber di rantai pasokan bahwa iPhone yang dapat dilipat tidak akan muncul sebelum tahun 2025 dan itu merupakan perkiraan awal. “Perusahaan tampaknya tidak terburu-buru untuk memasuki pasar ponsel cerdas yang dapat dilipat, dan bahkan mungkin memerlukan waktu lebih lama dari itu,” kata Young dalam laporan pengiriman dan teknologi layar yang dapat dilipat/digulung pada bulan Februari 2022. Kuo menguatkan garis waktu ini beberapa bulan kemudian.

Penting untuk diingat bahwa tahun 2025 hanyalah salah satu perkiraan dalam sejarah panjang rumor dan prediksi. Beberapa tahun yang lalu, analis dan pembocor memperkirakan iPhone yang dapat dilipat akan tiba pada tahun 2021, yang akhirnya menjadi tahun 2022, dan kemudian tahun 2023. Sekarang tahun 2025 atau bahkan 2026, namun tidak ada indikasi bahwa prediksi ini lebih dapat diandalkan dibandingkan prediksi lainnya.

Sejauh ini, masyarakat belum berbondong-bondong meninggalkan iPhone untuk beralih ke perangkat yang dapat dilipat. Apple masih menjual ratusan juta iPhone baru setiap tahunnya bahkan seringkali tanpa mencobanya. Sampai hal ini melambat atau perangkat pesaing seperti Galaxy Z Flip 5 atau OnePlus Open menjadi sangat populer, Apple tidak punya banyak alasan untuk menjadikan iPhone Flip sebagai prioritas. Jika Anda pengguna iPhone yang sangat menginginkan smartphone lipat dalam waktu dekat, sayangnya sepertinya Anda harus berpindah tim.

Sembari menunggu dan mengumpulkan uangnya, mungkin kamu bisa memilih iPhone terbaik 2024 yang masih layak pakai. Jika kita fikirkan lagi, apa urgensinya iPhone flip ataupun Fold. Hanya akan membuat smartphone lebih tebal dan lebih besar. sangat tidak praktis. Kadang saya merindukan ukuran iPhone 8 namun memiliki layar full dan face id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini