News Gadget – Ada empat varian dalam jajaran ponsel iPhone 12, yaitu iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. Varian yang paling terjangkau adalah iPhone 12 non-Pro, dan untuk pertama kalinya dalam sejarah Apple, terdapat versi Mini dari iPhone. Meskipun tersedia varian Mini, smartphone ini masih tergolong sebagai ponsel yang cukup kompak dibandingkan dengan flagship Android. Namun, apakah masuk akal untuk memilih ponsel yang lebih kecil? Apa perbedaan utama antara kedua perangkat tersebut? Perbandingan ini akan membantu Kamu memahaminya.

iphone-12

Perbandingan Desain

Jika kita abaikan dimensinya, iPhone 12 dan 12 Mini memiliki desain yang serupa. Keduanya dibuat dengan kaca di bagian belakang dan rangka aluminium, serta memiliki layar yang melengkung di semua sisi dengan notch khas. Selain lebih kecil, iPhone 12 Mini juga lebih ringan dengan berat hanya 135 gram dibandingkan dengan 164 gram milik iPhone 12.

Keduanya sebagai iPhone terbaik 2024 memiliki ketahanan terhadap debu dan air hingga kedalaman 6 meter selama maksimal 30 menit, dengan sertifikasi IP68. Baik iPhone 12 maupun iPhone 12 Mini dilengkapi dengan konektor MagSafe di bagian belakang, memungkinkan penggunaan aksesori resmi seperti pengisi daya nirkabel dan baterai tambahan.

Perbandingan Layar

Perbedaan utama antara iPhone 12 dan 12 Mini terletak pada layarnya. Pertama-tama, mereka berbeda dalam ukuran diagonal, di mana versi stkamur memiliki layar 6,1 inci, sementara versi Mini memiliki layar 5,4 inci. Selain itu, versi stkamur memiliki resolusi yang lebih tinggi, dengan 1170 x 2532 piksel dibandingkan dengan 1080 x 2340 piksel untuk versi Mini. Keduanya menggunakan panel Super Retina XDR OLED dengan dukungan HDR10, Dolby Vision, dan kecerahan tinggi. Meskipun keduanya merupakan layar terbaik yang tersedia, namun keduanya tidak mendukung refresh rate tinggi. Tidak ada pembaca sidik jari di layar untuk keduanya, karena mereka mengkamulkan ID Wajah untuk otentikasi.

Perbandingan Spesifikasi & Perangkat Lunak

kedua smartphone ini memiliki spesifikasi perangkat keras yang identik. Keduanya didukung oleh chipset Apple A14 Bionic yang dibuat dengan teknologi 5 nm dan frekuensi maksimum 3,1 GHz, RAM 4GB, dan penyimpanan NVMe native 64, 128, atau 256GB tergantung pada varian yang dipilih. Keduanya menjalankan iOS 14 yang dapat diperbarui ke iOS 14.7 dengan pembaruan terakhir. Kinerja keduanya luar biasa dalam berbagai situasi, meskipun pengalaman multitasking bisa lebih baik dengan varian Pro dari seri 12. Sayangnya, keduanya tidak memiliki slot micro SD untuk memperluas penyimpanan internal, tetapi mendukung konektivitas 5G dan Wi-Fi 6.

Perbandingan Kamera

Kedua smartphone ini dilengkapi dengan kamera belakang gkamu yang memiliki sensor utama 12 MP dengan stabilisasi optik dan sensor ultrawide 12 MP. Namun, keduanya tidak dilengkapi dengan sensor telefoto (yang berarti tidak ada zoom optik), namun keduanya mampu menghasilkan foto yang luar biasa dalam berbagai kondisi serta video resolusi 4K, 60 fps, dan Dolby Vision.

Perbandingan Baterai

iPhone 12 Mini, karena ukurannya yang lebih kecil, juga memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil. Kapasitas baterai iPhone 12 Mini adalah 2227 mAh, sementara iPhone 12 reguler memiliki baterai yang lebih besar, yaitu 2815 mAh. iPhone 12 reguler dapat bertahan hingga 65 jam, sedangkan iPhone 12 Mini hingga 50 jam. Keduanya mendukung pengisian cepat 20W dan pengisian nirkabel melalui konektor MagSafe. Perlu dicatat bahwa pengisian nirkabel iPhone 12 Mini mendukung 12W, sedangkan iPhone 12 reguler mencapai 15W. Namun, hal ini tidak menghasilkan waktu pengisian yang lebih cepat karena kapasitas baterai iPhone 12 Mini lebih kecil.

Perbandingan Harga

Harga awal smartphone ini mulai dari Rp 10 jutaan, sedangkan iPhone 12 Mini dimulai dari Rp 9,5 jutaan. Perlu diingat bahwa harga dapat bervariasi tergantung pada pasar, misalnya, di AS, harga ponsel lebih terjangkau daripada di Eropa. Jika Kamu menginginkan ponsel yang sangat kompak dan tidak keberatan dengan kapasitas baterai yang lebih kecil karena Kamu dapat mengisi daya setiap hari, iPhone 12 Mini mungkin menjadi pilihan yang menarik. Namun, jika Kamu lebih suka layar yang lebih besar dan kapasitas baterai yang lebih besar, maka iPhone 12 bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini