Home Smartphone 5 Inovasi yang Sebaiknya Dimiliki Samsung Galaxy S25 Ultra

5 Inovasi yang Sebaiknya Dimiliki Samsung Galaxy S25 Ultra

0
5 Inovasi yang Sebaiknya Dimiliki Samsung Galaxy S25 Ultra
5 Inovasi yang Sebaiknya Dimiliki Samsung Galaxy S25 Ultra

News Gadget – Samsung Galaxy S24 Ultra adalah salah satu smartphone terbaik di pasaran saat ini, tidak diragukan lagi. Anda mendapatkan kinerja luar biasa dengan chip Snapdragon 8 Gen 3, banyak RAM dan penyimpanan, kamera sebesar 200MP yang luar biasa, dua lensa telefoto untuk zoom optik 3x dan 5x, integrasi S Pen, dan banyak lagi. Ini adalah paket yang benar-benar mengesankan.

Namun, tidak sempurna. Bahkan, beberapa kelemahan bisa ditingkatkan pada versi berikutnya, Galaxy S25 Ultra. Inilah yang saya harapkan akan saya lihat tahun depan.

Sebuah desain baru

Galaxy S24 Ultra menggunakan desain yang sama dengan S23 Ultra, yang menggunakan desain yang sama dengan S22 Ultra. Secara sederhana, desain Galaxy S24 Ultra agak usang saat ini.

Bukan bahwa ada yang salah dengan desain secara keseluruhan, tetapi hanya terasa sedikit membosankan dan membosankan. Ini bukan hanya masalah Samsung, untuk adil — hal ini juga berlaku untuk Google, Apple, dan bahkan OnePlus pada titik ini. Namun, itu tidak memberikan kelonggaran bagi Samsung. Akan sangat bagus melihat desain baru muncul untuk seri Galaxy S25, termasuk S25 Ultra.

Kita sudah sampai pada titik di mana seri Galaxy S perlu pembaruan desain. Rumor belum menunjukkan apakah pembaruan desain tersebut benar-benar akan terjadi tahun depan, tetapi saya benar-benar berharap demikian.

Lebih banyak RAM

Samsung menawarkan dua pilihan RAM dengan Galaxy S21 Ultra, memberikan pengguna pilihan 12GB atau 16GB RAM, tergantung pada jumlah penyimpanan. Namun, Samsung menghapus opsi 16GB tersebut dengan Galaxy S22 Ultra, dan belum kembali.

Meskipun 12GB RAM masih cukup, akan bagus melihat kembalinya RAM 16GB dengan penyimpanan tertinggi (1TB) bagi mereka yang benar-benar menginginkannya. Terutama mengingat harga awal Ultra, akan menjadi keuntungan bagus untuk menjaganya sebisa mungkin agar tetap relevan di masa depan.

Dan pertimbangkan ini: OnePlus 12 lebih murah dari Galaxy S24 Ultra, namun Anda bisa mendapatkan ponsel tersebut dengan RAM 16GB. Sebenarnya tidak ada alasan mengapa Samsung tidak harus kembali menawarkan lebih banyak RAM untuk ponsel non-lipatnya yang paling mahal.

Kamera yang ditingkatkan dan zoom optik 10x

Salah satu pilihan yang paling membingungkan dengan S24 Ultra adalah penanganan Samsung terhadap lensa telefoto dalam sistem kamera quad.

Sementara Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki telefoto periskop 10MP yang mampu zoom optik 10x, Samsung mengubahnya pada S24 Ultra menjadi telefoto periskop 50MP dengan hanya 5x zoom optik. Memang, resolusi 50MP berarti ia dapat menangkap gambar zoom dengan resolusi lebih tinggi dengan pemotongan kualitas optik 10x.

Zoom optik 10x adalah salah satu poin penjualan utama untuk S23 Ultra, jadi aneh bahwa Samsung memutuskan untuk menghilangkan fitur tersebut dari daftar. Memiliki zoom optik 5x tidak terlihat seberapa mengesankan di atas kertas, terutama ketika sebagian besar pesaing melakukan hal yang sama. Kamera telefoto 5x S24 Ultra sangat bagus, tetapi pergeseran dari 10x ke 5x tetap menjadi pilihan yang aneh. Harapannya, Galaxy S25 Ultra mengembalikan zoom optik 10x dengan lebih banyak megapiksel dan sensor yang lebih besar.

Saat kita membicarakannya, juga akan bagus melihat Samsung meningkatkan jumlah megapiksel pada kamera ultrawide, untuk resolusi dan detail yang lebih tinggi.

Pengisian lebih cepat

Salah satu keunggulan besar yang dimiliki sebagian besar ponsel Android dibandingkan iPhone, bahkan dengan perubahan ke USB-C, adalah bahwa mereka dapat diisi daya dengan lebih cepat. Samsung juga dapat meningkatkan di bidang tersebut.

Sebagai contoh, OnePlus 12, ponsel unggulan untuk tahun 2024, memiliki pengisian daya kabel cepat 80W atau 100W, tergantung pada wilayah tempat Anda berada. Namun, bahkan jika Anda berada di Amerika Serikat dan memiliki kecepatan pengisian “lebih lambat”, 80W masih sangat cepat. Dengan OnePlus 12, Anda dapat mengisi daya baterai yang benar-benar habis menjadi penuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Di sisi lain, Samsung Galaxy S24 Ultra masih dibatasi pada pengisian daya kabel cepat 45W. Ini lebih baik daripada 25W dari model dasar Galaxy S24, tetapi bahkan begitu, 45W masih lebih lambat daripada 80W.

Saya akan senang melihat Galaxy S25 Ultra mengisi daya dengan kecepatan yang lebih tinggi lagi. Melihat seberapa cepat OnePlus 12 mengisi daya membuat saya berharap S24 Ultra saya bisa secepat itu. Tentu saja, dengan efisiensi daya yang lebih baik dari Snapdragon 8 Gen 3, Anda tidak perlu mengisi daya ponsel Anda sebanyak itu. Namun, peningkatan kecepatan pengisian daya kabel tidak akan merugikan, bukan?

Kembalikan penyimpanan yang dapat diperluas

Salah satu keuntungan yang dimiliki banyak ponsel Android dibandingkan iPhone beberapa tahun yang lalu adalah kemampuan untuk memperluas penyimpanan melalui kartu microSD. Saat ini, semakin sulit untuk menemukan ponsel yang melakukannya, termasuk flagship teratas dari Samsung. Anda mungkin akan menemukan opsi ini pada ponsel berkisar menengah atau anggaran rendah, tetapi tentu tidak pada flagship mahal dari sebagian besar produsen.

Meskipun tidak mungkin, saya akan senang melihat Samsung membawa kembali penyimpanan yang dapat diperluas. Tentu, S24 Ultra hadir dalam versi 1TB, tetapi Anda harus membayar sejumlah uang yang cukup besar —$1,660, untuk lebih tepatnya — untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan tersebut. Lebih memungkinkan bagi banyak orang untuk mendapatkan 256GB atau 512GB dan menambahkan lebih banyak penyimpanan melalui kartu memori saat diperlukan.

Semakin sulit untuk menemukan ponsel flagship dengan penyimpanan yang dapat diperluas saat ini, jadi kemungkinan besar tidak akan terjadi. Sudah empat tahun sejak Samsung terakhir kali menawarkan opsi tersebut pada Galaxy S20, bukan? Tapi hei, saya bisa bermimpi, bukan?

Bersabar Lebih Lama

Serangkaian Samsung Galaxy S24 baru saja diluncurkan beberapa bulan yang lalu, jadi kita masih harus menunggu beberapa waktu lagi hingga seri S25.

Meskipun S24 Ultra adalah salah satu ponsel Android premium terbaik yang tersedia saat ini, masih ada ruang untuk perbaikan. Bagaimanapun juga, dengan harga awal yang begitu tinggi, permintaan ini tidak terlalu berlebihan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here