News Gadget – ASUS memperkenalkan laptop terbarunya yang cukup unik di Indonesia. Berbeda dari kebanyakan, ASUS tidak menghadirkannya sebagai laptop gaming yang bertenaga atau sebagai laptop kelas atas lainnya. Laptop yang dinamai ASUS ExpertBook B3000 ini punya harga yang lebih terjangkau.

Meski dijual dengan harga yang murah, sekitar Rp6,9 jutaan, laptop ini cukup menarik perhatian dengan keunggulan yang dimilikinya. Desainnya kompak dan cukup ringan untuk ukuran laptop. Selain itu, laptop ini juga masuk dalam kategori detachable, yang berarti keyboardnya bisa dilepas dari layarnya.

Keunggulan ini tentunya meningkatkan mobilitas ASUS ExpertBook B3000. Karena itu, laptop ini sangat cocok digunakan untuk belajar atau bekerja di mana saja. Jangan khawatir soal daya, karena baterainya cukup tahan lama, bahkan bisa bertahan seharian.

Tidak hanya itu, laptop 2-in-1 ini juga menjadi yang pertama di Indonesia yang menggunakan SoC berbasis ARM. Jangan salah sangka, meskipun berbasis ARM, laptop ini memiliki performa yang tidak main-main. ASUS ExpertBook B3000 ditenagai oleh Snapdragon 7c Gen 2, salah satu SoC ARM terbaru dari Qualcomm, yang memiliki performa tinggi dan hemat daya.

Jadi, apakah Laptop ASUS ExpertBook B3000 ini pantas untuk dibeli, terutama oleh pelajar atau pekerja? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak ulasan spesifikasi ASUS ExpertBook B3000 berikut ini.

spesifikasi-ASUS-ExpertBook-B3000

Spesifikasi ASUS ExpertBook B3000 dan Aksesoris

  • Layar: Layar sentuh, IPS LCD 10.5 inci, WUXGA (1920 x 1200) 16:10 60Hz, Pandangan luas, Tampilan glossy, Lampu latar LED, 320 nits, sRGB 121%
  • Processor: Qualcomm® Snapdragon™ 7c Gen 2 (1MB L3 Cache, hingga 2.55GHz, 8 inti)
  • Kartu Grafis: Qualcomm® Adreno™ GPU 618
  • RAM: 8GB LPDDR4X on board, Maksimal Memori: 8GB
  • Penyimpanan: 128GB eMMC
  • Konektivitas: Wi-Fi 5(802.11ac) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.1(Versi BT dapat berubah dengan versi OS yang berbeda)
  • Port: 1x USB 3.2 Gen 1 Tipe-C mendukung tampilan / pengiriman daya, 1x Jack Audio Combo 3.5mm
  • Kamera: Kamera 5.0MP (depan), Kamera 13.0MP (belakang)
  • Baterai: 38WHrs, 2S1P, Li-ion 2-cell
  • Kelengkapan Aksesori : Laptop ASUS ExpertBook B3000 ini dilengkapi dengan aksesori yang cukup lengkap, terutama sebagai laptop dengan form factor 2-in-1. Untuk mendukung produktivitas pengguna, tersedia keyboard detachable, cover stand, dan Stylus Pen sebagai aksesori utama dalam mode tablet yang terintegrasi.

Desain dan Layar

ASUS ExpertBook B3000 hadir dengan desain form factor 2-in-1 yang dapat dilepas, membuatnya mirip tablet dengan keyboard tambahan. Dengan kata lain, laptop ini bisa berubah menjadi tablet dengan melepas keyboardnya yang menggunakan sistem pin magnetik di bagian bawah.

Dikatakan sebelumnya, ASUS ExpertBook B3000 memiliki desain bodi yang ringkas dan ringan. Saat berada dalam mode tablet, dimensinya hanya sekitar 26,03 x 17,21 x 0,89-0,90 cm dengan bobot 0,59 kg. Ukuran dan bobot ini merujuk pada bagian bodi atau layar saja dalam mode tablet, tanpa keyboard dan aksesori lainnya. Sementara keyboard dan cover memiliki bobot sekitar 430 gram.

Total bobot laptop ini mencapai sekitar 1,2 kg ketika digunakan bersamaan dengan keyboard, masih tergolong ringan dan nyaman untuk dibawa saat bepergian. Bahkan ketika dibawa bersama charger seberat 170 gram. Meskipun bisa digunakan tanpa keyboard untuk penggunaan sehari-hari, keyboard fisik tetap lebih nyaman untuk mengetik.

Chargernya menggunakan port Type-C, sehingga Anda dapat menggunakan charger HP sebagai penggantinya. Namun, pastikan charger HP yang digunakan mendukung pengisian cepat untuk mengisi daya ASUS ExpertBook B3000.

Layar laptop ini memiliki ukuran 10,5 inci dengan teknologi layar sentuh IPS LCD dan resolusi WUXGA (1920 x 1200 piksel). Layar dengan rasio 16:10 ini menawarkan kualitas gamut warna hingga 121 derajat sRGB. Warna yang tajam dan resolusi yang jernih membuat pengalaman visual yang memuaskan. Namun, kecerahan layar mencapai 320 nits saja, sehingga kurang nyaman digunakan di luar ruangan pada kondisi cuaca cerah.

Performa CPU dan Storage

ASUS ExpertBook B3000 mempersembahkan inovasi sebagai laptop pertama di Indonesia yang mengadopsi System on Chip (SoC) berbasis ARM. SoC tersebut adalah Snapdragon 7c Gen 2 dari Qualcomm, yang mengandalkan CPU octa-core dengan dua inti Kryo 468 Gold berkecepatan 2,55 GHz dan enam inti Kryo 468 Silver berkecepatan 1,8 GHz.

Untuk mendukung performa yang optimal dan stabil, SoC ini didampingi oleh kartu grafis Adreno 618 serta RAM sebesar 8 GB dengan teknologi LPDDR4X. Bahkan, kapasitas RAM masih dapat diperluas hingga 8 GB. Penyimpanan atau storage yang tersedia adalah eMMC berkapasitas 128 GB dengan ruang kosong sekitar 50-60 GB. Namun, sayangnya, laptop ini tidak mendukung opsi upgrade atau penambahan storage karena tidak ada slot microSD khusus.

Meskipun hasil performanya tergolong standar, performa eMMC yang digunakan tidak secepat SSD yang umumnya ditemui pada laptop modern. Namun, eMMC ini masih lebih baik daripada penggunaan harddisk atau HDD.

Secara keseluruhan, laptop ASUS ExpertBook B3000 menawarkan kemampuan yang menarik, terutama dalam hal fleksibilitas dan mobilitas tinggi. Hal ini terutama karena desainnya yang ringkas dan ringan, membuatnya mudah dibawa ke mana-mana.

Sebagai laptop 2-in-1, ASUS ExpertBook B3000 sangat cocok untuk pelajar atau pekerja kantoran. Anda dapat menggunakannya untuk belajar, rapat, atau bekerja dengan mudah di berbagai tempat. Selain itu, Anda juga dapat mengubahnya menjadi tablet untuk aktivitas hiburan lainnya.

Tidak ketinggalan, daya tahan baterainya yang cukup lama untuk sebuah laptop. Anda bahkan dapat menggunakan laptop ini sepanjang hari tanpa perlu mengecasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini